Pengertian Mailing List Dan Manfaat Mailing List

Pengertian Mailing List Dan Manfaat Mailing List

Monday, February 9th 2015. | Kamus Populer
Pengertian Mailing List
Pengertian Mailing List dan Manfaat Mailing List
advertisement
Pengertian Mailing List – Dengan adanya fasilitas internet maka kita bisa melakukan banyak hal khususnya untuk mencari informasi dengan cepat sesuai dengan kebutuhan. Manfaat besar pada internet ini didukung oleh banyaknya aplikasi sehingga kita memungkinkan untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Ada beberapa fasilitas yang bisa kita manfaat di internet, diantaranya: browsingchatting, aktif di forum atau milis. Yang terakhir inilah yang akan kita bahas pada artikel kali ini, yaitu milis atau Mailing List.
Apa pengertian Mailing List dan apa manfaat yang didapat jika kita aktif di mailing list? Simak penjelasan kami berikut ini.

Pengertian Mailing List

Mailing List merupakan istilah dalam bahasa inggris yang jika dibahasa Indonesiakan menjadi Milis. Sedangkan pengertian Mailing List adalah fasilitas grup yang memungkinkan kita untuk bertukar informasi seperti diskusi di internet, Mailing List ini bersifat terbuka sehingga siapa saja bisa masuk dan berikutserta di dalamnya. Cara kerja Mailing List yaitu dengan memanfaatkan fasilitas Email, anggota Mailing List bisa bertanya sesuka hati di Mailing List kemudian akan dibroadcast ke seluruh anggota group melalui Email yang memiliki kesukaan dan kepentingan yang sama. Anggota Mailing List yang menerima pertanyaan melalui Email Broadcast tersebut dapat membalasnya sesuka hati yang kemudian balasan tersebut akan dibroadcast kembali ke anggota lainnya.
Supaya proses diskusi pada Mailing List dapat berjalan dengan baik maka dibutuhkan seorang atau lebih yang bertugas sebagai moderator. Tugas moderator tersebut yaitu memonitoring seluruh aktivitas anggota, sehingga ketika ada melanggar si moderator mempunyai hak untuk menegur bahkan hingga mengeluarkan anggota tersebut dari group Milis.

Jenis Jenis Milis

Pada dasarnya terdapat dua jenis mailing list yang ada saat ini, yaitu:
Announcement-type list
Yaitu proses komunikasi pada mailing list yang dilakukan hanya satu arah, yaitu anggota pada mailing list tidak punya otorisasi untuk membalas hanya menerima pesan atau email dari milis saja.
Discussion-type list
Jenis kedua ini anggota dapat berkomunikasi secara dua arah, anggota milis bisa menerima dan mengirim pesan kepada sesama anggota.
Contoh Mailing List
  • Group Yahoo dengan alamat groups.yahoo.com. Untuk mengikuti milis ini diperlukan email Yahoo.
  • Group Google dengan alamat groups.google.com. Untuk mengikuti milis pada group ini dibutuhkan email google atau GMail.

Manfaat Mailing List

Mailing List dapat dijadikan sebagai sumber untuk mendapatkan berbagai jenis informasi seperti lowongan kerja, berita terbaru, isu-isu terkini, teknologi dan lain sebagainya.
Kelebihan Mailing List
  • Anggota milis akan mendapatkan informasi terbaru dari sesama anggota.
  • Mudah dalam mendapatkan informasi
  • Menambah relasi
Kekurangan Mailing List
  • Kurang praktis karena harus tiap hari membuka Email untuk menghindari penumpukan email masuk.
  • Sistem pengiriman balasan memakan kuota space email yang cukup besar karena harus disertakan dengan kiriman terdahulunya.

Pengertian Mailing List dan Manfaat Mailing List

Dari penjelasan kami tentang pengertian Mailing List dan seluk beluk tentang mailing list ini diharapkan bisa menjadi penambah wawasan bagi anda yang sedang memperdalam keilmuan komputer. Anda bisa menggali lebih dalam lagi tentang Mailing List ini dengan bantuan mesin pencari, karena beberapa keterbatasan kami tidak bisa mengulas lebih jauh lagi pada artikel ini. Jika dirasa masih ada yang kurang tentang pembahasan Mailing List, kami akan mengupdate kekurangan tersebut pada artikel berikutnya.

Komentar

Postingan Populer